Sabtu, 18 Februari 2012

SILABI IPI



SILABI ILMU PENDIDIKAN ISLAM (IPI)
I. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah
Nomor Kode
Jumlah SKS
Catur Wulan
Program Studi
Status Mata Kuliah
Dosen
ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Prof. Dr. Sanusi Uwes.
II. Rasional Mata Kuliah

UPAYA ummat Islam untuk terus menerus melaksanakan al Qur-an, baik dalam tahap bayani, burhani,maupun irfani, merebak ke berbagai bidang kehidupan. Dalam bidang pendidikan, hal ini diupayakan melalui cara dan materi pikir Qur-ani yang ditransformasikan kepada setiap unsur dan kegiatan pendidikan, baik filsafat, konsep, teori, sampai pada aplikasinya. Pada ranah filsafat, dikembangkan landasan pendidikan Islam, sementara dalam tahap teori, dikembangkan studi terkait realitas-realitas empirik di berbagai lembaga pendidikan Islam. Namun demikian baik ranah filsafat maupun ranah teori, semuanya tetap dikonfirmasikan pada nilai-nilai dasar sebagaimana tersebut di atas.
Studi tentang ilmu pendidikan Islam sebagai suatu mata kuliah, difokuskan kepada seluruh aspek-aspek pendidikan yang berbasis nilai dasar ajaran Islam yang bersumber dari al Qur-an dan Hadits. Informasi keilmuan yang mendukung hal tersebut masih dalam posisi hasil penelitian dari kegiatan pendidikan secara umum, baik di lembaga pendidikan Islam maupun bukan.
Berlatar pemikiran model ini, maka materi yang menjadi fokus bahasan ini meliput pandangan terhadap unsur baku yang terlibat dalam proses pendidikan dari aspek keilmuan yang sangat dominan mempengaruhi proses pendidikan, yakni aspek antropologis, psikologis, dan sosiologi. Sesudah studi tentang landasan berpikir yang bersifat paradigmatik, kemudian pembahasan diarahkan kepada unsur-unsur yang langsung menjadi faktor dominan bagi keiatan pendidikan. Hal itu antara lain kurikulum, guru, murid, metodologi, sarpras, pembiayaan, kepemimpinan, kelembagaan, dan evaluasi. Walau tidak sangat meliput, sub-sub bahasan tersebut cukup memadai untuk membentuk paradigma berpikir pendidikan yang berbasis keislaman.
III. Keterampilan Untuk dicapai Siswa. Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa memiliki keterampilan dalam :
a. Berpikir transformatif norma-norma Islam terhadap unsur-unsur yang terlibat dalam dunia pendidikan;
b. Memahami permasalahan pendidikan berbasis pandangan nilai-nilai keislaman.
c. Menentukan masalah-masalah strategis bagi pengembangan pendidikan islam.
IV. Kata-kata Kunci Paradigma pendidikan, landasan kewahyuan, landasan filsafat, landasan teoritik, landasan antropologis, landasan psikologis, landasan sosiologia, kurikulum, guru, murid, proses pembelajaran, sarana prasarana, kepemimpinan pendidikan, pembiayaan pendidikan, kelembagaan, dan evlauasi pendidikan.
IV. Deskripsi Topik

1. PARADIGMA IPI isi : keragaman paradigma, paradigma islami, paradigma pendidikan, paradigma pendidikan islam, unsur-unsur sistem pendidikn islam.
2. Landasan, proses, dan tujuan Pendis : Paradigma Landasan Kewahyuan, Paradigma landasan Filsafat, Paradigma landasan teoritik, faktor-faktor internal dan eksternal pendukung proses pendis, tujuan hidup individu, masyarakat, dan negara, kaita,n tujuan hidup dengan tujuan pendidikan.
3. Landasan antropologi islami, isi: substansi material manusia dan fungsinya. Secara material manusia disebut dengan tiga istilah yakni basyar, insan (ins, unas, anasiy, insiy) dan nas. Sementara dilihat dari sisi fungsi, al Qur-an menyebutnya sebagai khalifah dan abdun.
4. Landasan psikologi Islami, isi : substansi ruhani manusia, fitrah ruhani, pengaruh faktor eksternal, bebagai kecenderungan sifat ruhani manusia.
5. Landasan sosiologi islami, isi: Ciri-Ciri Sosiologi Empiris, Teoritis, Komulatif, Nonetis. Hakikat Sosiologi : ilmu sosial, pure science, empiris dan rasional. Kegunaan Sosiologi: Untuk pembangunan, penelitian, pendidikan, ekonomi, politik.Objek Sosiologi : Objek Material, Objek Formal. Karakter atau identitas masyarakat Islami, realitas perilaku masyarakat Islam, keragaman perilaku komunitas muslim, hubungan timbal balik individu dan kelompok.
6. Kurikulum Pendis; isi: HAKIKAT KURIKULUM, Prinsip-prinsip berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
7. Guru pendis isi : syarat-syarat, konsep unsur2 syarat menurut Barat dan Islam, mutu kinerja, konsep profesionalitas, kemampuan akademik, kemampuan sosial, kepribadian guru.
8. Murid menurut pendis, isi: hakikat belajar, murid sebagai subjek belajar, syarat-syarat keberhasilan belajar, tindak lanjut hasil belajar.
9. Metodologi Pendis; isi : psikologi komunikasi islami (silaturrahmi), fungsi komunikasi dalam metodologi pendidikan/pengajaran, hakikat metode belajar/pendidikan, macam-macam metode pendis, kiat-kiat pembelajaran.
10. Sarana prasarana; isi: karakter umum sarpras, orientasi fungsi sarpras, keindahan sarpras, keselarasan jumlah dan ukuran, teknologi sarpras.
11. Kepemimpinan Pendis; isi: Pengertian, keragaman term Islam ttg kepemimpinan, hakikat kepemimpinan, syarat kepemimpinan, karakter bagi keberhasilan.
12. Pembiayaan pendis; rancangan pembiayaan pendis, sumber-sumber biaya pendidikan, peruntukan pembiayaan pendis, pengawasan pembiayaan pendis.
13. Evaluasi pendidikan dan pengajaran; isi: evaluasi pendidikan, evaluasi pengajaran, tehnik evaluasi, effektivitas evaluasi, hasil evaluasi, tindak lanjut evaluasi.
14. Kelembagaan pendidikan Islam.
V. Sistem Evaluasi Syarat kehadiran minimal 80% jumlah tatap muka. Penilaian berasarkan kumulasi pelaksanaan tugas terstruktur 30 %; aktivitas kelas 20%; UTS 20%; dan UAS 30%.
VI. Sistem Pembelajaran Pembelajaran memakai metode ceramah, diskusi, pembuatan makalah dan seminar kelas;
Bentuk tugas berupa Chapter Report, Book Report, Field Observation, Presentasi.
Media yang dibutuhkan: PC, LCD, atau OHP.
VI. Bahan Bacaan 1. Abdul Hafiz Suwaid, Muhammad Nur (1988), Manhaj At Tarbiyah An Nabawiyah li al Tifli, Al Bayan, Bandung.
2. Abdullah Nashih Ulwan (1990), Pendidikan Sosial Anak, Remaja Rosda Karya, Bandung.
3. Freire, Paulo (2004), Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan, Kerjasama READ dengan Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
4. Lapp, Diane; Bender,Hilary; Ellenwood,Stephan (1975), Teaching andLearning, Philosophical, Psychological, Curricular Application; Macmillan
Publishing Co, Inc. New York.
5. Sanusi Uwes (2010) Kepemimpinan Islam Dalam Pendidikan, Deepublish, Sleman.
6. Sanusi Uwes, (2003), Visi dan Pondasi Pendidikan, (Dalam Perspektif Islam), Jakarta, Logos.
7. Yustiono (Ed),1993, Islam dn Kebudayaan Indonesia, Yayasan Festifal Istiqlal, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar