Selasa, 21 Februari 2012

Daftar Pemakalah Psikologi Pendidikan

DAFTAR PEMAKALAH
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
PAI-R S2 2011-2012
Dosen Pengampu : Prof. Dr.Muhibbin Syah, M.Ed.



1.Tinjauan Psikologis Mengenai Belajar Agama =8=Sri Sugiarti,Yoyoh Badriah,Engkin F
2.Tinjauan Psikologis Mengenai Mengajar Agama=1=Abdul Fatah,Dian Nurdiansyah,Agung S
3.Alternatif Pendekatan Belajar Agama Bagi siswa SMA/MA =3=Apin,Arif F,Hadiana Hamzah
4.Karakteristik Perilaku Belajar Agama dan faktor-faktor yang mempengaruhinya=2=Muhammad Idrus,Pirman sah,Rd.Muh Hilmi
5. Alternatif strategi dan Tahapan mengajar Agama di MTs/SMP
6. Kompetensi Psikologi Guru Agama
7.Evaluasi Prestasi Kognitif Hasil Belajar Agama Siswa MTs/SMP=4=Aprianto R,Yudi Kamil,Ismail.
8.Evaluasi Prestasi Psikomotor Hasil Belajar Agama Siswa MTs/SMP=7=Lilis Rosidah,Neng Wina
9.Evaluasi Prestasi Afektif Hasil Belajar Agama Siswa MTs/SMP=6=.Yoni Nugraha,Teguh Budiwiyono,Hari Haedir
10.Alternatif Model Pembelajaran Agama di SMA/MA=5=Sandra Taufik H,Fu’ad Hilmi,Yana Mulyana


Alamat Fb : PAI-R S2 UIN SGD BANDUNG 2011
Blog : Http//:www.pairs2uinsgdbandung2011.blogspot.com

"SOTO"


Dikampus LPTQ Sukamiskin Bandung, 21 Februari 2012 dengan dosen Pengampu Prof.Dr.Muhibbin syah, M.Ed memberikan materi tentang bagaimana menulis dengan "biaya Murah,Meriah dan bagus", beliau paparkan hal yang dapat dimengerti mahasiswa mengenai pembuatan makalah dengan dianalogikan pada pembuatan soto, ya memang sayur soto sebagaimana kebanyakan dibuat sebagai lauk pauk. Sederhana memang namun mendalam.
Hal yang paling menarik dari dosen kelahiran Banten ini adalah tentang keahliannya dalam menulis, banyak buku karangan beliau yang digunakan sebagai acuan dan referensi di berbagai perguruan tinggi.
Patut disyukuri khusunya bagi mahasiswa UIN adalah memiliki figur seperti beliau dan patutlah untuk dicontoh bagi semuanya.

Sabtu, 18 Februari 2012

इन मेमोरिं विथ प्रोफ जुस्मन ISKANDAR



IN MEMORIAM WITH PROF JUSMAN ISKANDAR
Terimakasih Prof,Semoga ilmunya dapat kami realisasikan dalam kehidupan. Amin
Profesor kami yang disiplin memberikan pengajaran beraarti bagi kami semua.Semoga Allah S.W.T memberikan pahala yang berlipat.Amin

SILABI FPI

SILABUS FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
STRATA DUA (S2)
Dosen Pengampu : Dr. Andewi Suhartini, M.Ag.

NO PERT. TEMA MAKALAH KET.
1 Orientasi Umum (Arahan Perkuliahan, Sistem Perkuliahan, dan Kontrak Belajar) Dosen
2 Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam Seminar
3 Hubungan Filsafat, Teori, dan Praktik Pendidikan Islam Seminar
4 Formulasi Epistemologi Pendidikan Islam
5 Aliran-Aliran dalam Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam Seminar
6 Pandangan Filsafat Pendidikan Islam terhadap Manusia dan Masyarakat Seminar
7 Pandangan Filsafat Pendidikan Islam terhadap Alam dan Ilmu Pengetahuan Seminar
8 Hakikat Fitrah Manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Seminar
9 Hakikat Dasar Pendidikan Seminar
10 Hakikat Tujuan Pendidikan Seminar
11 Hakikat Kurikulum Pendidikan Seminar
12 Hakikat Pendidik Seminar
13 Hakikat Peserta Didik Seminar
14 Hakikat Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam Seminar
15 Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam Seminar
16 Hakikat Alat/Media Pendidikan Islam Seminar
17 Hakikat Kelembagaan Islam Seminar
18 Hakikat Proses Pendidikan Seminar
19 Hakikat Pengembangan Pendidikan Seminar
20 Pendidikan Gratis dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Seminar
21 Fungsi Pendidikan bagi Kehidupan Manusia di Dunia dan Akhirat Seminar
22 Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Seminar
23 Filsafat Pendidikan al-Ghazali Seminar
24 Filsafat Pendidikan Ibnu Khaldun Seminar

DAFTAR BACAAN
1. Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Alih Bahasa Hasan Langgulung, Jakarta, Bulan Bintang, 1979
2. Ahmad Tafsir , Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani dan kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: Rosdakarya, 2006
3. Majid ‘Arsyan al-Kailani, Falsafat al-Tarbiyah al-Islamiyah, Maktabah Hadi, Maktabah al-Mukarramah, 1988
4. Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1989
5. Ahmad Tafsir, Epistemologi untuk Imlu Pendidikan Islam, Bandung: Fakultas Tarbiyah IAIN Bandung, 1995
6. Muhammad 'Athiyah al-Abrâsyi, Al-Tarbiyah al-Islâmiyah wa Falasifâtuhâ, Beirut: Dâr al-Fikr, t.th.
7. Shafique Ali Khan, Filsafat Pendidikan al-Ghazali: Gagasan, Konsep, Teori, dan Filsafat Ghazali mengenai Pendidikan, Pengetahuan dan Belajar, Bandung: Pustaka Setia, 2005
8. M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1994
9. Ahmad Mahmud Subhi, al-Falsafat al-Akhlâqiyyat fî al-Fikri al-Islâmî, Kairo: Dar al-Ma'ârif, 1969
10. Suwito, Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih: Kajian atas Asumsi Dasar, Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta, Belukar, 2004
11. Abû Hâmid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Al- Ghazâlî, Ma'ârij al-Quds fî Madârij Ma'rifat al-Nafs, Kairo : Maktabah al-Jundiy, 1968
12. Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisis Psikologi dan Pendidikan Islam, Jakarta, Pustaka al-Husna, 1989
13. Muhammad Yasir Nasution, Manusia menurut al-Ghazali, Jakarta: Srigunting, 1999
14. Ahmad 'Arafat Al-Qâdlî, Al-Fikr al-tarbawiy, 'inda al-Mutakallimîn al-muslimîn wa Dauruhû fî Binâ' al-Fard wa al-mujtamâ', T.tp.: Al-Hai'ah al-Mishriyah al-'Âmmah al-Kitâb, 1996
15. B. Hamdani Ali, Filsafat Pendidikan,Yogyakarta: Kota Kembang, 1990
16. Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung, Alfabeta, 2004
17. Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosdakarya, 2006
18. Nursid Sumaatmadja, Pendidikan Pemanusiaan Manusia Manusiawi, Bandung: ALFABETA, 2002
19. Ahmad Tafsir, dkk., Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka, 2004
20. Azyumardi Azra, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos, 1999
21. Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Grafindo Persada, 2006

SILABI IPI



SILABI ILMU PENDIDIKAN ISLAM (IPI)
I. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah
Nomor Kode
Jumlah SKS
Catur Wulan
Program Studi
Status Mata Kuliah
Dosen
ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Prof. Dr. Sanusi Uwes.
II. Rasional Mata Kuliah

UPAYA ummat Islam untuk terus menerus melaksanakan al Qur-an, baik dalam tahap bayani, burhani,maupun irfani, merebak ke berbagai bidang kehidupan. Dalam bidang pendidikan, hal ini diupayakan melalui cara dan materi pikir Qur-ani yang ditransformasikan kepada setiap unsur dan kegiatan pendidikan, baik filsafat, konsep, teori, sampai pada aplikasinya. Pada ranah filsafat, dikembangkan landasan pendidikan Islam, sementara dalam tahap teori, dikembangkan studi terkait realitas-realitas empirik di berbagai lembaga pendidikan Islam. Namun demikian baik ranah filsafat maupun ranah teori, semuanya tetap dikonfirmasikan pada nilai-nilai dasar sebagaimana tersebut di atas.
Studi tentang ilmu pendidikan Islam sebagai suatu mata kuliah, difokuskan kepada seluruh aspek-aspek pendidikan yang berbasis nilai dasar ajaran Islam yang bersumber dari al Qur-an dan Hadits. Informasi keilmuan yang mendukung hal tersebut masih dalam posisi hasil penelitian dari kegiatan pendidikan secara umum, baik di lembaga pendidikan Islam maupun bukan.
Berlatar pemikiran model ini, maka materi yang menjadi fokus bahasan ini meliput pandangan terhadap unsur baku yang terlibat dalam proses pendidikan dari aspek keilmuan yang sangat dominan mempengaruhi proses pendidikan, yakni aspek antropologis, psikologis, dan sosiologi. Sesudah studi tentang landasan berpikir yang bersifat paradigmatik, kemudian pembahasan diarahkan kepada unsur-unsur yang langsung menjadi faktor dominan bagi keiatan pendidikan. Hal itu antara lain kurikulum, guru, murid, metodologi, sarpras, pembiayaan, kepemimpinan, kelembagaan, dan evaluasi. Walau tidak sangat meliput, sub-sub bahasan tersebut cukup memadai untuk membentuk paradigma berpikir pendidikan yang berbasis keislaman.
III. Keterampilan Untuk dicapai Siswa. Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa memiliki keterampilan dalam :
a. Berpikir transformatif norma-norma Islam terhadap unsur-unsur yang terlibat dalam dunia pendidikan;
b. Memahami permasalahan pendidikan berbasis pandangan nilai-nilai keislaman.
c. Menentukan masalah-masalah strategis bagi pengembangan pendidikan islam.
IV. Kata-kata Kunci Paradigma pendidikan, landasan kewahyuan, landasan filsafat, landasan teoritik, landasan antropologis, landasan psikologis, landasan sosiologia, kurikulum, guru, murid, proses pembelajaran, sarana prasarana, kepemimpinan pendidikan, pembiayaan pendidikan, kelembagaan, dan evlauasi pendidikan.
IV. Deskripsi Topik

1. PARADIGMA IPI isi : keragaman paradigma, paradigma islami, paradigma pendidikan, paradigma pendidikan islam, unsur-unsur sistem pendidikn islam.
2. Landasan, proses, dan tujuan Pendis : Paradigma Landasan Kewahyuan, Paradigma landasan Filsafat, Paradigma landasan teoritik, faktor-faktor internal dan eksternal pendukung proses pendis, tujuan hidup individu, masyarakat, dan negara, kaita,n tujuan hidup dengan tujuan pendidikan.
3. Landasan antropologi islami, isi: substansi material manusia dan fungsinya. Secara material manusia disebut dengan tiga istilah yakni basyar, insan (ins, unas, anasiy, insiy) dan nas. Sementara dilihat dari sisi fungsi, al Qur-an menyebutnya sebagai khalifah dan abdun.
4. Landasan psikologi Islami, isi : substansi ruhani manusia, fitrah ruhani, pengaruh faktor eksternal, bebagai kecenderungan sifat ruhani manusia.
5. Landasan sosiologi islami, isi: Ciri-Ciri Sosiologi Empiris, Teoritis, Komulatif, Nonetis. Hakikat Sosiologi : ilmu sosial, pure science, empiris dan rasional. Kegunaan Sosiologi: Untuk pembangunan, penelitian, pendidikan, ekonomi, politik.Objek Sosiologi : Objek Material, Objek Formal. Karakter atau identitas masyarakat Islami, realitas perilaku masyarakat Islam, keragaman perilaku komunitas muslim, hubungan timbal balik individu dan kelompok.
6. Kurikulum Pendis; isi: HAKIKAT KURIKULUM, Prinsip-prinsip berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
7. Guru pendis isi : syarat-syarat, konsep unsur2 syarat menurut Barat dan Islam, mutu kinerja, konsep profesionalitas, kemampuan akademik, kemampuan sosial, kepribadian guru.
8. Murid menurut pendis, isi: hakikat belajar, murid sebagai subjek belajar, syarat-syarat keberhasilan belajar, tindak lanjut hasil belajar.
9. Metodologi Pendis; isi : psikologi komunikasi islami (silaturrahmi), fungsi komunikasi dalam metodologi pendidikan/pengajaran, hakikat metode belajar/pendidikan, macam-macam metode pendis, kiat-kiat pembelajaran.
10. Sarana prasarana; isi: karakter umum sarpras, orientasi fungsi sarpras, keindahan sarpras, keselarasan jumlah dan ukuran, teknologi sarpras.
11. Kepemimpinan Pendis; isi: Pengertian, keragaman term Islam ttg kepemimpinan, hakikat kepemimpinan, syarat kepemimpinan, karakter bagi keberhasilan.
12. Pembiayaan pendis; rancangan pembiayaan pendis, sumber-sumber biaya pendidikan, peruntukan pembiayaan pendis, pengawasan pembiayaan pendis.
13. Evaluasi pendidikan dan pengajaran; isi: evaluasi pendidikan, evaluasi pengajaran, tehnik evaluasi, effektivitas evaluasi, hasil evaluasi, tindak lanjut evaluasi.
14. Kelembagaan pendidikan Islam.
V. Sistem Evaluasi Syarat kehadiran minimal 80% jumlah tatap muka. Penilaian berasarkan kumulasi pelaksanaan tugas terstruktur 30 %; aktivitas kelas 20%; UTS 20%; dan UAS 30%.
VI. Sistem Pembelajaran Pembelajaran memakai metode ceramah, diskusi, pembuatan makalah dan seminar kelas;
Bentuk tugas berupa Chapter Report, Book Report, Field Observation, Presentasi.
Media yang dibutuhkan: PC, LCD, atau OHP.
VI. Bahan Bacaan 1. Abdul Hafiz Suwaid, Muhammad Nur (1988), Manhaj At Tarbiyah An Nabawiyah li al Tifli, Al Bayan, Bandung.
2. Abdullah Nashih Ulwan (1990), Pendidikan Sosial Anak, Remaja Rosda Karya, Bandung.
3. Freire, Paulo (2004), Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan, Kerjasama READ dengan Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
4. Lapp, Diane; Bender,Hilary; Ellenwood,Stephan (1975), Teaching andLearning, Philosophical, Psychological, Curricular Application; Macmillan
Publishing Co, Inc. New York.
5. Sanusi Uwes (2010) Kepemimpinan Islam Dalam Pendidikan, Deepublish, Sleman.
6. Sanusi Uwes, (2003), Visi dan Pondasi Pendidikan, (Dalam Perspektif Islam), Jakarta, Logos.
7. Yustiono (Ed),1993, Islam dn Kebudayaan Indonesia, Yayasan Festifal Istiqlal, Jakarta.